Panduan

[Panduan][bleft]

Bisnis

[Bisnis][bsummary]

Pulsa dan Paket Data

[Pulsa][bsummary]

PPOB

[PPOB][bsummary]

Top Up Saldo

[Saldo][bsummary]

Tiket

[Tiket][bsummary]

Tips

[Tips][bsummary]

Info Penting! Mulai 1 Juli 2021 Top Up Saldo ShopeePay Kena Potong 500


Min.... kenapa top up saldo Shopeepay via Ventura sekarang kok kepotong 500? Bukankah selama ini sudah dikenai biaya admin oleh Ventura? Kenapa potong 500 lagi? Kenapa top up 100.000 kok saldo Shopeepay yang masuk cuma 99.500?
Ada beberapa kali komplain seperti itu yang masuk ke admin atau CS Ventura. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Mulai tanggal 1 Juli 2021, pihak Shopee mengambil kebijakan perusahaan bahwa setiap top up saldo Shopeepay akan dikenakan biaya sebesar 500. Biaya tersebut akan dipotongkan secara langsung pada saldo yang diisi. 

Jadi, kalo kita top up saldo senilai nominal 100.000, maka saldo Shopeepay yang akan masuk tidak lagi utuh 100.000, melainkan dikurangi 500 menjadi 99.500. Bila top up saldo nominal 20.000, maka saldo Shopeepay yang akan masuk adalah 19.500. Begitu pula, bila top up saldo nominal 50.000, maka saldo Shopeepay yang akan diterima adalah 49.500.

Sebelum tanggal 1 Juli 2021, Shopee memang tidak mengenakan biaya top up saldo Shopeepay, sehingga saldo yang diterima utuh, tanpa potongan lagi. Seiring waktu, sebagaimana layanan top up e-money lain, seperti Ovo atau Gopay, maka masing-masing perusahaan mengenakan biaya admin.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa benar selama ini Ventura sebagai salah satu provider atau server top up saldo e-money telah mengenakan biaya admin bagi penggunannya. Namun demikian, potongn 500 per setiap kali top up saldo Shopeepay adalah murni kebijakan intern Shopee dan biaya yang dikenakan itu sepenuhnya masuk ke rekening Shopee, sama sekali bukan menjadi bagian dari keuntungan Ventura.

Beberapa hari sebelum tanggal 1 Juli 2021, pihak Ventura telah menginformasikan mengenai adanya kebijakan baru dari pihak Shopee tersebut. Bahkan, di sejumlah media masssa pun telah banyak diinformasikan secara terbuka. Ini contoh berita di Tribunnews.com: Mulai 1 Juli 2021, Isi Saldo ShopeePay Melalui Transfer Bank Dikenakan Biaya Admin.

Jadi, sekarang sudah paham ya semuanya? Mohon dapat dimengerti dan dimaklumi. Terima kasih.