Panduan

[Panduan][bleft]

Bisnis

[Bisnis][bsummary]

Pulsa dan Paket Data

[Pulsa][bsummary]

PPOB

[PPOB][bsummary]

Top Up Saldo

[Saldo][bsummary]

Tiket

[Tiket][bsummary]

Tips

[Tips][bsummary]

Transaksi Proses atau Pending


 

Pada umumnya, transaksi melalui aplikasi Ventura Payment System (VPS) berlangsung dalam waktu yang cepat dan sangat singkat. 


Transaksi berhasil biasanya hanya dalam hitungan detik saja. Dalam kondisi normal, transaksi hanya berlangsung dalam hitungan 1-2 detik.


Begitu pula, saat transaksi dinyatakan gagal, sistem akan memberi informasi bahwa transaksi anda gagal hanya dalam hitungan sesaat, 1-2 detik saja sejak anda klik tombol "Proses".


Bagaimana bila status transaksi adalah "Proses"? Atau status "Pending"? Artinya, kita belum mengetahui apakah status tersebut "sukses" atau "gagal".


Bila menghadapi status dalam "Proses", maka tidak ada pilihan lain bagi kita, kecuali MENUNGGU hingga status tersebut berubah menjadi "SUKSES" atau "GAGAL". 


Karena, saat kita sudah klik tombol "Proses", maka selanjutnya yang bekerja adalah sistem digital secara otomatis, tanpa ikut campur secara manual dari operator atau orang.


Status "Proses" menunjukkan bahwa sistem sedang bekerja untuk mengeksekusi perintah. Hanya saja, dalam perjalanan proses eksekusi tersebut, sistem mengalami hambatan atau kendala, baik berupa kondisi jaringan internet di saat itu, koneksi antar sistem provider, ketersediaan produk yang diminta, maupun akses ke server yang hendak dituju.


Bisa juga, saat bersamaan sedang terjadi transaksi yang mencapai angka yang cukup besar dalam waktu yang hampir serentak. Istilahnya, jalur yang dilewati oleh si pembawa perintah transaksi kelebihan beban.


Oleh karena itu, bila status dalam keadaan "Proses", sebaiknya tunggu saja hingga mengetahui bagaimana status akhirnya, apakah "Sukses" atau "Gagal".


Kepastian status "Proses" berubah menjadi "Sukses" atau "Gagal" pada umumnya berlangsung dalam hitungan menit. Kisarannya adalah sekitar 3 - 30 menit.


Bila status "Proses" berubah menjadi "Sukses", maka transaksi dianggap selesai. Namun, bila status "Proses" berubah menjadi "Gagal", ada beberapa kemungkinan lanjutan.


Pertama, bisa ulangi transaksi dengan kode produk yang sama. Asumsinya, kegagalan transaksi sebelumnya dikarenakan oleh karena gangguan koneksi sesaat, atau ketersediaan produk yang minim.


Kedua, bila ternyata transaksi ulangan status "Gagal" juga, silakan ulangi transaksi dengan kode produk yang berbeda, termasuk di dalamnya mengganti pilihan nominal lain yang ada. 


Ketiga, bila ternyata ada informasi bahwa untuk kode produk tertentu sedang mengalami gangguan, maka sebaiknya transaksi berikutnya ditunda dulu beberapa saat. Hingga ada kepastian bahwa transaksi untuk kode produk tersebut kembali normal.


Transaksi dengan status "Proses" akan memotong saldo. Namun, apabila transaksi berubah menjadi status "Gagal", maka secara otomatis saldo akan dikembalikan pada saat itu juga.


Intinya, status "Transaksi Proses" akan tetap menjamin keamanan saldo anda. Saldo anda tidak akan ada yang hilang.***



Tidak ada komentar: